WOW,.. SUDAH SEMAKIN DEKAT

56Seorang pembicara dari German dalam sebuah seminar tentang akhir zaman mengatakan bahwa ia harus menyampaikan pesan Tuhan padanya bahwa waktu kedatangan Tuhan tidak akan lama lagi. Tanda-tanda sudah semakin jelas dan telanjang di mana-mana. Pergerakan ISIS yang disinyalir sebagian dari tanda-tanda akhir zaman, nyaris tak terbendung. Yang tertulis dalam Alkitab tidak boleh tidak harus terjadi.

Ada yang percaya,.. ada yang ragu-ragu dan ada yang menolak. Hidup ini pilihan,.. sama sekali tidak ada paksaan ataupun ancaman. Alkitab menyatakan bahwa suasana akhir zaman seperti pada jaman Nuh yang terkenal dengan ditenggelamkannya bumi dengan air bah. Perhatikan Matius 24:37-39,.. “Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.

Ketika Tuhan sudah perintahkan Nuh untuk membuat bahtera, Nuh taat. Saat mulai mengerjakan pekerjaan yang begitu besar, di sekeliling Nuh bukan hutan belantara yang tak berpenghuni, tetapi banyak manusia yang beraktivitas normal. Mereka bangun membangun, bercocok tanam, kawin dan mengawinkan. Ada komunitas yang demikian komplek dan beragam. Dan kejahatan manusia pada waktu itu sudah keterlaluan yang mengusik keinginan Tuhan menghukum manusia dengan air bah.

Terjadilah bencana global yang sebelumnya belum pernah terjadi, bumi direndam di dalam air berhari-hari.

Apakah Nuh tidak mensosialisasikan pesan Tuhan kepada khalayak ramai, kepada tetangga kanan kirinya, kepada sanak familinya, kepada bangsa-bangsa yang ada disekitarnya ? Penulis yakin, sosok Nuh adalah seorang yang bergaul erat dengan Tuhan, bukan orang yang egois, maunya selamat sendirian. Nuh,.. pasti rindu banyak orang diselamatkan,.. tetapi Nuh tidak mungkin memaksa orang untuk diselamatkan.

Di tengah-tengah pekerjaannya membuat bahtera, Nuh bukan dengan tenang mengerjakan pekerjaannya, mungkin saja sarat dengan celotehan, omongan orang-orang disekitarnya. Perkiraan penulis, Nuh mendapat :

  1. Tuduhan menjadi orang yang sesat, membagun perahu normalnya di pantai bukan digunung. Sikap Nuh,.. tetap taat pada perintah Tuhan.
  2. Tuduhan Nuh sok rokani,.. siapa Nuh,.. kok Tuhan mau ngomong sama Nuh, memang tidak ada orang yang lebih hebat, lebih pandai dari Nuh ? Sikap Nuh,.. tetap taat pada perintah Tuhan.
  3. Serangan dari banyak orang yang tidak percaya,.. “ Kami ini banyak Nuh,.. kamu hanya satu keluarga, masa Tuhan mau menghancurkan yang banyak ini ?” Sikap Nuh tidak bergeming,.. tetap taat pada perintah Tuhan. Akhirnya terbukti Tuhan menghancurkan yang mayoritas dan menyelamatkan yang taat, sekalipun jumlahnya sangat kecil hanya 8 orang.

Kalau ditarik garis ketentuan Tuhan pada masa Nuh dan masa sekarang, ada korelasinya. Pada masa Nuh, Tuhan yang bernama pribadi YHWH tidak memandang jumlah, tetapi yang Tuhan lihat adalah siapa yang taat. Silakan ambil resiko ngeyel tetap memanggil Tuhan orang lain, sekalipun jumlahnya banyak. Ingat bahwa Tuhan tidak memandang jumlah, tetapi hanya memandang yang taat pada kehendak Nya saja yang diselamatkan.

TV,.. menyiarkan telah terjadi fenomena di daratan benua Eropa dan juga Amerika. Secara meluas terdengar suara sepert bunyi terompet raksasa, seperti sangkakala. Banyak komentar terlontar. Ada yang langsung menyatakan bahwa kiamat sudah dekat,.. akhir jaman sudah datang, ada juga yang mensikapi dengan tenang. Kalau memang itu adalah bunyi sangkakala, memang sesuai dengan apa yang tertulis dalam Kitab Wahyu,..

Persiapkan diri saudara untuk menghadapi saat yang paling dinanti oleh orang percaya, yaitu terjadinya pengangkatan.

Siapa yang akan terangkat ?. Apakah setiap orang Kristen ?. Mari,.. perhatikan dengan cermat,.. Peristiwa besar seputar pengangkatan merupakan salah satu pusat pengharapan eskalotogis orang-orang percaya. Keyakinan tersebut berhubungan dengan pengajaran tentang kedatangan Kristus yang kedua. Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua pada prinsipnya akan terjadi dua tahap. Tahap yang pertama, Kristus akan hadir di antara awan-awan atau di udara untuk mengangkat mempelaiNya atau gereja-Nya. Pada tahap kedua Kristus akan menginjakkan kaki-Nya ke bumi bersama-sama dengan orang-orang kudusnya yaitu umat-Nya yang taat dan setia.

Tanda Kedatangan Kristus.

Kedatangan Kristus ditandai dengan tiupan sangkakala malaikat dan seruan yang nyaring, :

  1. 1 Tesalonika 4:16,.. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Elohim berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
  2. Wahyu 1:10,.. Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,
  3. Yohanes 5:25,.. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Elohim, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
  4. Yohanes 5:28,.. Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,

Kemudian di ikuti dengan kehadiran Tuhan Yesus di angkasa, namun tidak menginjakkan kaki-Nya di bumi. Pada saat itulah pengangkatan akan terjadi.

Dalam 1 Tesalonika 4:6 tidak secara konkrit memberitahukan lokasi keberadaan Yesus ketika rapture (pengangkatan). Namun dalam ayat selanjutnya diuraikan secara jelas bahwa perjumpaan Kristus dan mempelai-Nya secara pasti akan terjadi di angkasa, bukan di bumi atau di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh indera manusia. Apabila Kristus datang kembali, semua orang yang percaya akan diangkat untuk bertemu kembali dengan jemaat atau keluarga yang lain di sorga bersama Yesus.

Pemberian Tubuh Baru bagi Jemaat.

Anugerah dan keajaibanlah yang akan terjadi dalam peristiwa rapture, dimana Kristus akan memberikan tubuh yang baru kepada setiap orang yang percaya, seperti tubuh-Nya yang mulia.

  1. Filipi 3:20-21,…Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.
  2. 1 Yohanes 3:2,.. Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Elohim, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

Pemberian tubuh yang sempurna kepada orang-orang percaya sangatlah beralasan, karena mereka akan bersama tinggal dengan Tuhan Yesus di sorga.

Tubuh Baru bagi Orang-orang percaya.

Gereja adalah satu-satunya kelompok orang percaya yang mendapat bagian dalam pengangkatan melalui peristiwa repture, bukan Israel atau bangsa-bangsa yang lain. Keyakinan ini berdasarkan pada keyakinan Alkitab yang menjelaskan bahwa konsep pengangkatan dan pengubahan tubuh pada saat kedatangan Kristus yang kedua hanya mengacu pada gereja sebagai jemaat-Nya, tidak menunjuk pada Israel

  1. Yohanes 14:2-3,..Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
  2. 1 Korintus 15:51-52,.. Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah
  3. 1 Tesalonika 4:16-17,.. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Elohim berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.
  4. Wahyu 20:4-5,.. Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun. Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Kedatangan-Nya Secara Tiba-Tiba.

Alkitab menegaskan bahwa tidak seorangpun tahu kapan kedatangan-Nya, bisa saja datang secara tiba-tiba sesuai kehendak-Nya. Saat kedatangan Kristus ditetapkan menurut keputusan ilahi dan kedaulatan Bapa di sorga yang tidak dapat dipahami oleh siapapun ( Matius 24:36,..Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.” ).

Tujuan Kedatangan Kristus.

Gagasan tentang “tribulasi” , yaitu hari Tuhan yang ditekankan di dalam 1 Tesalonika 5:1-8,.. Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman — maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin — mereka pasti tidak akan luput. Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam. Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan. dimunculkan kembali secara menonjol dalam ayat 1 Tesalonika 9-10,.. Karena Elohim tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, yang sudah mati untuk kita, supaya entah kita berjaga-jaga, entah kita tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia. sebagai salah satu isu utama sehubungan dengan keberadaan gereja. Kaum parcial lebih menekankan pada faktor kemungkinan, yakni bagi orang Kristen yang hidup secara kudus, pasti mengalami pengangkatan, tetapi orang-orang percaya yang cenderung jatuh ke dalam dosa, akan masuk kedalam masa kesengsaraan tersebut. Penganiayaan yang dimaksud ialah tindakan Antikristus yang bejad dan tidak berperikemanusiaan kepada manusia di bumi.

Saudara sudah siap ? Apakah Bapa YHWH akan menunggu apabila saudara sudah siap ?. Kapan saudara siap ?. Bagaimana kalau Tuhan tidak lagi menunggu saudara siap ? Terbayangkah peristiwa yang akan terjadi yang akan menimpa siapapun yang tidak terangkat ?

Memasuki Masa Tribulasi.

Tribulasi berasal dari kata tribulum, yaitu suatu alat untuk memisahkan jagung dari kulit arinya. Pengertian ini mengandung gagasan yang menyatakan keadaan yang penuh dengan kesukaran, penderitaan dan penindasan yang dalam bahasa Inggris disebut tribulation, “kesengsaraan” . Tribulasi adalah masa kesengsaraan yang dahsyat sebagai akibat dari tindakan Antikristus dan murka Tuhan yang sangat mengerikan yang menimpa semua umat manusia yang diam di bumi pada saat itu (Wahyu 3:10,.. Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.).

Alkitab mencatat sebutan lain dari tribulasi, misalnya,

  1. Hari Tuhan, perhatikan Yoel 2:1,.. Tiuplah sangkakala di Sion dan berteriaklah di gunung-Ku yang kudus! Biarlah gemetar seluruh penduduk negeri, sebab hari TUHAN datang, sebab hari itu sudah dekat; juga tertulis dalam 1 Tesalonika 5:2,.. karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.
  2. Amarah Tuhan, simak dalam Yesaya 26:21,..Sebab sesungguhnya, TUHAN mau keluar dari tempat-Nya untuk menghukum penduduk bumi karena kesalahannya, dan bumi tidak lagi menyembunyikan darah yang tertumpah di atasnya, tidak lagi menutupi orang-orang yang mati terbunuh di sana. Kemudian lihat juga Yesaya 34:2,.. Sebab TUHAN murka atas segala bangsa, dan hati-Nya panas atas segenap tentara mereka. Ia telah mengkhususkan mereka untuk ditumpas dan menyerahkan mereka untuk dibantai.
  3. Hari pembalasan Tuhan, lihat dala Yesaya 34:8,.. Sebab TUHAN mendatangkan hari pembalasan dan tahun pengganjaran karena perkara Sion.
  4. Waktu kesusahan bagi Yakub, lihat dalam Yeremia 30:7,.. Hai, alangkah hebatnya hari itu, tidak ada taranya; itulah waktu kesusahan bagi Yakub, tetapi ia akan diselamatkan dari padanya.
  5. Sayap kekejian , perhatikan Daniel 9:27,.. Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu.”
  6. Masa kesesakan besar, yang ditulis dalam Daniel 12:1,.. “Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.
  7. Masa yang ketujuh puluh, seperti tertulis dalam Daniel 9:24-27,.. Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan. Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu.”
  8. Akhir zaman, sebagaimana tertulis dalam Matius.13:40,..Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. Serta perhatikan Matius 13:49,..Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,
  9. Masa siksaan, seperti ditulis oleh Matius 24:21,..Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan Matius 24:29,..“Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.
  10. Hari pencobaan, seperti tertulis dalam Wahyu 3:10,.. Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: