m. Ketika hati bicara.

Derit pintu yang mulai sarat, terdengar menggelitik telinga. Seperti ada kerikil kecil yang bersembunyi dibawah pintu terbawa debu dan kotoran. Suara nyanyian malam dan penyembahan tidak lagi terdengar menghentak. Bahkan alunan doa tidak lagi terdengar. Sepi dan hening.

Keluarga Gideon baru saja selesai doa malam, ketika telpon berdering. HE adik Gideon yang ada di Magelang menanyakan bagaimana kondisi keluarga di sini. Gideon sampaikan bahwa berkat Tuhan sangat luar biasa. Kemudian HE mengatakan perihal dirinya dan juga keluarganya. Dia katakan beberapa minggu terakhir ini ia merasa kehidupan imannya mengendor.

Ia baru saja pulang dari Kebumen menengok istrinya. Saat ia renungkan bagaimana selama ini ia telah merepotkan mertuanya, dari saat ia memiliki anak pertama, kedua, dan bahkan yang kesekian. Ia sadar betul bahwa selama ini senantiasa merepotkan mertuanya. Kemudian tergerak di dalam hatinya agar mertuanya terbilangkan menjadi orang-orang yang ditebus Tuhan Yesus Kristus.

Gideon sampaikan beberapa berkat yang diterima keluarganya, serta penjelasan mengapa istri HE diperkenankan Tuhan mengalami seperti itu. Melalui Wilbert yang bertanya kepada Tuhan Yesus kala itu disingkapkan bahwa ini semua boleh terjadi untuk menguji kesabaran HE.

Juga Gideon sampaikan agar HE menguji kembali apakah Rumah Doa dimana selama ini ia ber jemaat, adalah bahtera yang Tuhan perkenankan. Karena tipu daya kuasa kegelapan semakin sulit terdeteksi, bahkan Gideon sampaikan bagaimana beberapa kali ia tertipu dengan kelicinan dan kelicikan kuasa kegelapan melalui tipu daya. Berkat hikmat dan marifat yang senantiasa Gideon mohon kepada Tuhan, akhirnya dengan melalui pengujian-pengujian, tipu daya itu tersingkap.

HE juga menyampaikan bagaimana ia merasa “ terpukul “ dengan kejadian beberapa waktu yang lalu, ketika melalui Fetra anak keduanya, muncul berbagai bentuk tipu daya kuasa kegelapan. Secara manusia biasa ia sudah kikis rasa malu memiliki istri yang “ gila “ , ia hanya mau melihat Yesus lengkap dengan rencana besarnya khususnya mengenai masa depan dan kehidupan keluarganya.

Pada akhir pembicaraan, HE mengatakan bahwa saat sekarang ini kehidupan jasmaninya sedang diratakan, direndahkan habis-habisan agar rata dengan tanah.
Gideon memberikan dukungan dari hatinya yang paling dalam, walaupun sebelumnya telah mengisahkan secara singkat apa yang dialami belum lama ini. Cari perkenan Tuhan lebih dahulu, itu kunci yang terkadang tidak disadari banyak orang.
Dalam sebuah perjalanan acapkali deretan dataran tinggi yang menjulang terlihat demikian indah dan halus permukaannya. Tetapi bila kita daki kearah dataran tersebut, akan nampak aslinya. Sangat tidak teratur. Dipenuhi dengan pepohonan yang tumbuh secara alami sehingga tidak tertata dengan rapi.

Apakah tidak demikian dengan pengajaran yang hanya dilihat sekilas tanpa mau menyelami lebih dalam ajaran itu ?. Mata jasmani bukanlah mata yang sempurna sehingga sangat mudah dikelabuhi. Berbagai tipu muslihat bisa terjadi ketika mata sudah dikuasai.

Sejenak ia renungkan mengenai tipu daya kuasa kegelapan yang belum lama ini dikatakan pada HE adiknya. Yah,.. ulah iblis pada metode ini ternyata banyak membuat orang tersesat tanpa disadari. Banyak orang demikian bangga dengan ajaran yang sudah diterimanya bertahun-tahun tanpa mau menguji, apakah ajaran yang diterimanya selama ini benar menurut Tuhan atau justru sebaliknya.

Ya, mereka juga menggunakan Alkitab. Sekalipun belum tentu dibaca dengan sungguh-sungguh dan keseluruhan. Tidak sepotong-sepotong agar memahami maksud Alkitab itu ditulis. Bukan untuk disalah gunakan tetapi untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki.

Sebuah ilustrasi sederhana : misalnya ketika kita menerima surat dari orang yang kita kasihi, pasti ! kita akan berusaha membaca dengan seksama, dengan penuh perhatian, bahkan kalimat demi kalimat kita ulang-ulang agar kita tidak salah mengerti, agar kita memahami dan menangkap dengan jelas apa maksud kekasih kita menulis surat untuk kita.

Jadi kalau Tuhan Yesus Kristus yang diyakini adalah calon mempelai laki-laki jiwa kita pastilah kita cintai, kita sayangi, dan kita ingin tahu kekasih kita mengingin-kan apa dari kita ? Ternyata kekasih jiwa kita memberikan Firman-Nya melalui Alkitab, mengapa tidak kita geluti, kita gumuli agar kita mendapat kebenaran dan mengerti maksud “ kekasih “ jiwa kita ?

Yes,.!!. pasti akan banyak komentar muncul pada kondisi ini. Dan masing-masing akan tampilkan kebenaran melalui versinya. Tetapi jangan lupa bahwa kebenaran yang hakiki, yang mutlak hanyalah kebenaran menurut Tuhan Yesus Kristus sendiri. Sehingga akan sangat tepat kalau kita lebih dahulu mencari perkenanNya, mencari kehendakNya, mencari wajahNya, agar Dia singkapkan kebenaran yang sesungguhnya kepada kita.

Kembali mengenai tipu daya iblis, bila di telaah lebih jauh, ternyata setan sangat licin dan licik, karena sangat sulit dibedakan antara yang asli dan yang palsu. Memang benar, Alkitab mengatakan dari buahnya akan diketahui asli atau tidaknya, tetapi perlu waktu dan ternyata tanpa hikmat dan pengertian dari Tuhan sendiri tipu daya itu mustahil bisa dibongkar habis.

Hanya ada dua kekuatan di jagad raya ini, yaitu Tuhan dan hantu. Tidak ada yang berdiri ditengah-tengah. Pilih satu diantara dua. Ikut Tuhan atau ikut hantu. Bila menjadi milik Tuhan, jelas hasil akhirnya adalah kerajaan Sorga. Bila ikut hantu hasil akhirnya adalah menemani hantu di neraka. Jadi mau ikut siapa ?

Apakah setan tidak bisa memuji Tuhan ? Sangat bisa, karena pada dasarnya penghulu setan yaitu Lucifer adalah malaikat Allah yang mendurhaka dan pernah menjadi pemimpin puji-pujian.

Apakah setan bisa berbahasa roh ? Juga sangat bisa, karena setan adalah mahluk roh. Apakah setan bisa bernubuat ? Juga sangat mudah setan malakukannya, karena setan dengan berbagai pengalaman selama ribuan tahun, ternyata lebih cerdas dari manusia yang belum menjadi milik Kristus. Setan hanya bisa dikalahkan oleh Yesus Kristus dan milikNya. Apa yang bisa manusia lakukan, setanpun bisa melakukannya kecuali melakukan kehendak Tuhan Yesus Kristus.

Apa kelemahan setan ? Ini yang harus diketahui. Setan tidak bisa membaca pikiran, tidak bisa membaca suara hati dan tidak bisa menyelami batin manusia. Sehingga bila tidak ingin disadap setan, gunakan suara hati, pikiran, dan bahasa batin bila sedang menguji setiap roh yang datang.

Ia pernah berhadapan dengan Yesus palsu. Pada mulanya ia begitu bangga bisa berkominukasi dengan “ Yesus “ melalui media Samuel anaknya. Setelah sekian lama tenggelam dalam alam tipuan setan, akhirnya tipu daya setan ini terbongkar dan ternyata itu adalah Yesus palsu. Yang palsu akan gugur dengan sendirinya ketika yang asli sudah ditemukan.

Juga muncul tipuan dalam bentuk rasul Yohanes palsu. Lagi-lagi perlu waktu dan hikmat serta makrifat Tuhan untuk menelanjangi tipu daya setan ini. Gideon merasa semakin kecil dihadapan Tuhan Yesus Kristus. Sosok mahluk yang sangat ringkih dan layak dikasihani. Hanya karena kasih karunia Tuhanlah Gideon masih menghirup udara kehidupan dan bisa berjalan dengan baik dan senantiasa berusaha dekat dengan Penciptanya.

Roh Kudus palsu dengan berbagai penglihatan dan nubuat pernah dihadapkan pada dirinya. Lagi-lagi ia perlu waktu untuk memecahkan tipu daya setan. Kembali Tuhan Yesus sendiri yang membongkar jebakan setan, setelah ia memohon hikmat dan pengertian dari Tuhan Yesus Kristus.

Iblis yang menyamar sebagai malaikat terang juga pernah dihadapinya. Tidak tanggung-tanggung ia menyebut dirinya malaikat Samuel, kemudian malaikat Obaja, malaikat Gideon, bahkan mengaku bernama malaikat Gabriel dan pada kesempatan yang lain mengaku bernama malaikat Michail.
Memang ketika berhadapan langsung dengan sosok “ malaikat “ yang menggunakan badan Samuel maupun badan Wilbert., Gideon sempat terperangah. Bagaimana tidak demikian, saat ia memiliki keinginan konfirmasi mengenai kebenaran pengakuan mereka, ia bingung mesti kemana ?. Walaupun akhirnya terpecahkan ketika memohon hikmat dan makrifat dari Tuhan Yesus Kristus.

Dibalik suara yang lembut dan halus, menggunakan bahasa yang sopan, tersembul perintah-perintah yang kalau diikuti tidak menimbulkan damai sejahtera. Dan ketika di uji dengan berbagai metode serta dipadukan dengan Alkitab, terbukti bahwa itu adalah tipu daya iblis yang menyamar sebagai malaikat terang. Tergenapkan apa yang tertulis di dalam Alkitab. Contoh kejadiannya sebagai berikut :

“ Papa,.. roh saya diajak malaikat Gabriel untuk perang di Jogajakarta “ suatu
ketika Samuel pesan pada ayahnya agar tubuhnya dijaga baik-baik. Dan seketika itu
juga tubuhnya lunglai seperti wayang tanpa gapit. Ia tidak sadar. Rohnya entah
kemana. Lagi-lagi Samuel meraga sukma. Terkadang sampai berjam-jam hal itu
terjadi, dan saat rohnya kembali kemudian menceritakan apa yang dialami
ketika rohnya pergi.

Yang seperti itu bukan hanya sekali melainkan berulang kali, sampai pada kesadaran dan pengetahuan bahwa yang membawa rohnya bukanlah malaikat yang kudus, melainkan malaikat yang memberontak alias iblis. Jelas itu bukan malaikat yang kudus karena saat itu terjadi tidak ada damai sejahtera sama sekali. Se isi rumah kecuali yang masih kecil-kecil, senantiasa siaga menjaga tubuh Samuel yang ditinggal rohnya entah pergi kemana.

Ciri khas Roh Kudus yang asli, Tuhan Yesus Kristus yang asli adalah membawa damai sejahtera, kemudian muncul buah-buah roh. Kemudian manifestasi yang bisa kita lihat adalah lemah lembut dan rendah hati. Juga sangat sopan, Ia datang akan mengetuk pintu hati terlebih dahulu. Tidak pernah memaksakan kehendak, bisa mengetahui apa yang ada didalam hati dan kepikiran manusia.

Tetapi jangan terkecoh dengan ulah setan, karena ia bisa sangat sopan, sangat ramah, bahkan tertawa-tawa, tersenyum, membaca firman Tuhan, menangis dengan sedihnya tetapi dibalik itu semua mengandung maksud menipu kita agar kita jatuh kedalam pelukannya. Saat kita sudah jatuh kedalam pelukannya, kemudian kita di ikat dengan doktrin-doktrin tertentu dan akhirnya kewaspadaan kita sedikit demi sedikit mengendor dan bahkan sampai pada titik nadir.

Dari buahnya akan tersingkap segala sesuatu yang tersembunyi selain juga senantiasa memohon hikmat dan makrifat dari Tuhan Yesus Kristus. Sepanjang hati kita terbuka akan kebenaran, maka Yesus akan masuk ke dalam hati kita dan memberikan kebenaran yang kita perlukan.

Tuhan Yesus memberkati

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: