Page 18

30HARGA YANG HARUS DIBAYAR

Perdebatan seru terjadi di depan pintu rumah Baskoro, seorang pendeta muda yang baru saja dipecat dari organisasi gara-gara tidak mau memanggil nama Allah lagi dalam khotbah di gerejanya dengan seorang yang juga pendeta yang mempersalahkan Baskoro yang terlalu gegabah mengambil keputusan.

“ Pakai hikmat Baskoro,.. !“ kata Anung seorang pendeta di gereja yang letaknya tidak jauh dari tempat Baskoro bertugas menggembalakan jemaat.

“ Justru karena hikmat yang Tuhan berikan maka saya keluar dari organisasi, saya harus lebih taat kepada Tuhan daripada taat kepada manusia sekalipun dianggap bertentangan dengan organisasi “

“ Kamu enggak perlu buru-buru mundur dari penggembalaanmu,.. cari dulu tempat pelayanan yang lebih pas, lebih cocok buat kamu, yang sealiran dengan kamu, baru kamu keluar “

“ Sekarang saatnya Anung,.. dorongan itu begitu kuat, soal tempat pelayanan saya percaya Tuhan akan memberikan tempat yang terbaik buat saya, setidaknya yang tidak bertentangan dengan hati nurani saya “

“ Anak istrimu perlu makan dan perlu kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya,.. kamu sudah pikirkan itu ? “

“ Aku tahu dan sadar akan setiap resiko dari tindakan yang saya ambil,… dan tentang kebutuhan hidup, aku percaya pada YHWH,.. pasti Dia akan menolong saya dan keluarga saya, dan sekalipun YHWH tidak menolong saya, saya tetap tidak mau memanggil ilah agama lain. Dan buat saya ini harga mati “

“ Boleh tahu,.. kenapa kamu begitu tergerak ingin keluar dari gereja yang besar yang selama ini sudah membesarkanmu ?”

“ Atasanku bilang bahwa Allahnya orang Kristen dan orang muslim itu sama. Dan atasananku juga mengatakan bahwa, YHWH itu Tuhan di Perjanjian Lama, mengapa tidak menggunakan Yesus saja. Terus saya dikatakan sedang dipakai iblis untuk menyesatkan banyak orang. Bagaimana aku tetap bertahan ? “

“ Memang sama kan ? Lihat saja tulisannya.,… sama kan ?. Cuma beda ucapannya, beda vokalnya ketika membaca ?” Anung menjawab dengan tegas.

“ Anung,.. kalau Allahnya orang Kristen dan Allahnya orang muslim sama mengapa harus ada gereja ? Mengapa harus ada penginjilan ?. Mengapa Alkitabnya berbeda ? ,..Mengapa pengajarannya berbeda?” Baskoro balik bertanya.

“ Tuhan itu kan melihat hati,.. mungkin mulutku ngomong Allah, tetapi hatiku ngomong Tuhan,.. nggak masalah kan ?” Anung mencoba berkilah.

“ Anung menurut kamu,.. nama pribadi boleh diterjemahkan atau disalin nggak ?” Baskoro kembali bertanya.

“ Soal nama YHWH yang diterjemahkan menjadi TUHAN oleh LAI ?”

“ Bukan hanya menjadi TUHAN, tetapi menjadi ALLAH ?”

“ Menurutku hanya kontekstualisme saja,..! Ingat untuk penginjilan ke tempat-tempat tertentu diperlukan penyesuaian-penyesuaian, sebagai jembatan ”

“ Pertanyaanku belum kamu jawab,.. bolehkah nama pribadi diterjemahkan ?”

“ Bukan masalah boleh atau tidak boleh,.. saya yakin LAI punya alasan yang kuat dan bisa dipertanggung jawabkan dengan segala hasil “produk”nya. Lagipula ini kan sudah berjalan berpuluh-puluh tahun, dan perkembangan kekristenan pesat bukan ?”

“ Anung-Anung,.. nama Allah itu adalah nama sesembahan bangsa asing, sedangkan nama YHWH, adalah nama pribadi, nama diri pencipta kita. Mana boleh diterjemahkan, disalin bahkan diganti dengan yang lain dan mana bisa Allah disejajarkan apalagi disama-samakan dengan YHWH “ Baskoro mencoba menerangi pikiran Anung.

“ Baskoro,.. orang Kristen di Arab juga memanggil nama Allah ?.”

“ Begini, Anung. Contoh nich,.. Bapak Presiden Joko Widodo kemanapun beliau pergi dan berada, tidak berubah, tetap Joko Widodo. Jangan coba-coba menterjemahkan atau menyalin namanya misalnya menjadi “bujangan Widodo”. Pasti pak presiden tidak senang, dan wajar kalau marah. Tetapi kalau “Presiden” itu adalah jabatan beliau di pemerintahan. Beliau juga punya jabatan lain: sebagai suami, ayah, kepala rumah tangga. Setiap orang tua yang mengerti pasti memberikan nama yang berarti baik untuk anaknya. Begitu juga Tuhan kita, Bapa kita, Elohim kita sudah memberitahu namaNya: YHWH. Kok berani-beraninya manusia-manusia ciptaanNya merubah nama dari penciptanya. Apakah kamu juga berani merubah nama bapak kamu ?”

“ Dalam King James,.. tidak menggunakan YHWH,.. tetapi God, “

“ Kamu yakin penerbit King James tidak melakukan kekeliruan ? Pernah kita bahas bersama tentang Alkitab LAI, ingat tentang Wahyu 3:14 ( “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Tuhan). Kalau kamu menganggap LAI menyalin dengan benar, artinya kamu setuju bahwa Yesus Kristus adalah ciptaan Tuhan, apa bedanya kamu dengan saksi yehova ?”.

“ Yang menyalin atau menterjemahkan juga manusia, bisa jadi salah terjemahan “

“ Tetapi LAI, bagus juga masih menjelaskan siapa yang dimaksud dengan tulisan TUHAN di dalam Alkitab, walaupun di taruhnya di bagian belakang ?”

“ Dibagian belakang mana ?”

“ Di kamus,.. ( Tuhan, Salinan dari nama Allah Israel, yaitu Yahweh ).”

“ Itu kan di kamus bukan di Alkitab,.. sedangkan di Alkitabnya kan tidak ada kata YHWH“

41“ Kamus itu ada,.. bukan untuk pelengkap dan bumbu penyedap,.. tetapi untuk menjelaskan hal-hal yang belum jelas, misalnya : Apa bedanya TUHAN dengan Tuhan ? Vokalnya sama. Apa bedanya ALLAH dengan Allah ?. Vokalnya juga sama. Kalau orang hanya mendengar ketika orang membaca allah, apakah yang mendengarkan tahu, mana yang dimaksud dengan ucapan allah yang ia dengar. ALLAH kah ?. Allah kah ? atau allah ?. Maka diperlukan kamus untuk menerangkan hal-hal yang belum terang. “

“ Menurut beberapa orang, kalau pemahaman kamu ini disebarluaskan ke jemaat,.. akan membawa dampak yang tidak baik,.. “

“ Maksud kamu ?”

“ Jemaat bisa pecah, mereka bingung, mau berkiblat yang mana ?, kemudian tentang kebijakan organisasi. Kamu tahu khan aturan organisasi, aturan sinode dan aturan gereja yang belum berubah ?,”

“ Yah,.. itulah kenyataannya, dan kamu sendiri juga sulit untuk berubah kan ? “

“ Nggak baik menghakimi orang “

“ Maksudku bukan menghakimi, tetapi mengingatkan. Keputusan tetap ditangan kamu sendiri “

Satu bulan kemudian, Anung kembali bertandang kerumah Baskoro. Kali ini ia membawa Alit yang juga sahabat Baskoro dimana mereka sama-sama ketika kuliah di Sekolah Theologi sepuluh tahun yang silam.

“ Hai Alit,.Anung,. apa khabar ? “ tergopoh-gopoh Baskoro menyambut sahabat-sahabatnya sambil menjabat tangan masing-masing secara bergantian..

“ Baik-baik,.. Baskoro kamu masih seperti yang dulu, gayamu itu lho ?”

“ Ayo masuk ke dalam, masa mau ngobrol di luar ?”

“ Kemana saja selama ini ?” Baskoro menggamit lutut Alit ketika mereka sudah duduk di ruang tamu.

“ Ke pedalaman Kalimantan “

“ Sudah berkeluarga ?”

“ Dia kecantol dengan orang Dayak !” potong Anung sambil terbahak-bahak.

“ Anak sudah berapa? “

“ Dua saja cukup,.. laki-laki dan perempuan “ jawab Alit dengan tenang.

Dari obrolan mereka nampak bahwa mereka cukup akrab, Mereka memang pernah bersama-sama satu asrama pada waktu di STT. Baskoro dan Anung pelayanan di gereja yang bertetangga, sedang Alit pelayanan di tempat praktek yaitu di Kalimantan.

“ Anung cerita banyak tentang kamu yang tidak lagi di gereja sebelah, dan tentang Allah, benar kamu sudah nggak nyebut nama itu lagi ?” Alit mulai mengajukan pertanyaan.

“ Yang kamu dengar dari Anung itu benar,.. saya memang sudah tidak lagi memanggil Allah lagi, baik dalam ibadah, dalam komsel maupun dalam doa, apalagi dalam pujian dan penyembahan “

“ Kamu pasti punya alasan yang kuat,.. sehingga mau mengambil resiko diberhentikan dari pelayananmu “ kata Alit perlahan.

“ Saya enggak mau terus menerus menyakiti hati Bapa dengan memanggil dengan nama sesembahan bangsa lain yang bukan Yahudi, karena Yesus sendiri mengatakan bahwa keselamatan datang dari bangsa Yahudi, bukan dari bangsa Arab,.. Coba perhatikan Yohanes 4:22 ( Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.)”

“ Baskoro,.. Kitab Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani ditulis IESOUS CHRISTOS, dalam versi Inggris ditulis JESUS CHRIST, dalam versi Mandarin YESHU “

“ Nama aslinya adalah YESHUA HAMASIAKH yang artinya Laki-laki atau Putra itu tempat keselamatan/sedang menyelamatkan,.. terus kamu pernah menyanyikan Haleluyah ?“

“ Iya sering lah kan ada lagunya ”

“ Halleluyah kan kamu tahu artinya,.. kalau kamu masih memanggil Allah,.. lebih tepat kamu nyanyinya Hallelulah “

“ Tidak mudah melawan arus Baskoro,..”

“ Ketika kebenaran saya dapatkan, saya kemudian menjadi mengerti dan kemudian saya ambil tindakan sekalipun ada resiko yang harus dibayar. Saya tahu,.. kemungkinan saya dikucilkan, dianggap sesat, tidak boleh melayani di gereja, dipecat dari organisasi, dan segala bentuk aniaya lainnya,.. dan saya menggenapi perkataan Tuhan dalam Yohanes 16:1-2 (“Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Tuhan).”

“ Terus terang,.. perkataanmu beberapa hari yang lalu membuatku merenung,.. “ Anung berkata jujur.

“ Tindakan kamu selanjutnya apa ? “ tanya Baskoro pada Anung.

“ Saya sedang berusaha menggali sumber-sumber informasi tentang YHWH, dan tentang Allah. Satu pribadi atau dua pribadi “

57“ Bagus,.. setidaknya kamu sudah melangkah untuk mendapatkan kebenaran yang selama ini terabaikan, teruskan Anung “ Baskoro memberi semangat. Lalu kembali Basoro berkata: “ Saran saya,.. pegang firman Tuhan lebih erat dibanding dengan sejarah-sejarah, ensiklopedia. Ingat, bahwa tidak ada satu ayatpun yang menyatakan bahwa Perjanjian Baru itu dari Yunani. Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dipercayakan hanya kepada orang Yahudi.”

“ Saya perlu waktu Baskoro,.. karena tidak mudah untuk menentukan sikap sekaligus menghindari perdebatan sesama hamba Tuhan” ujar Anung datar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: