Page 19

202SIKAP HATI,..

Kehancuran Niniwe,.. sudah diambang pintu, tinggal 40 hari lagi Niniwe akan ditunggang balikkan demikian Yunus menyampaikan pesan YHWH kepada penduduk kota Niniwe. Banyak penduduk kota yang percaya kepada berita yang disampaikan nabi Yunus. Dan kabar ini akhirnya sampai ke telinga penguasa kota Niniwe. Dan sang raja juga percaya dengan berita yang menggemparkan ini. Dalam mensikapi berita ini,.. ia dan penduduk Niniwe introspeksi diri. Sadar diri,.. bahwa mereka telah melakukan perbuatan yang jahat di mata YHWH, dan segera mereka menginsyafi kesalahannya dengan suatu tindakan.

  1. Menyatakan diri kepada YHWH dengan mengakui kesalahannya, telah menyesali perbuatan mereka selama ini dengan mengetuk belas kasihan YHWH, langsung berbalik dari perbuatannya yang jahat.
  2. Mengekspresikan sikap hatinya dengan berpuasa secara global, baik orang dewasa, anak-anak dengan menggunakan kain kabung. Bahkan rajanya merendahkan diri dihadapan YHWH, segera turun dari singgasananya, ditanggalkan jubahnya lalu duduk di abu.
  3. Raja memerintahkan seisi Niniwe untuk bertobat, termasuk perintah berpuasa bagi manusia dan ternak-ternaknya, tidak boleh makan dan tidak boleh minum. Keharusan menggunakan kain kabung juga termasuk ternak-ternaknya.
  4. Perinta raja selanjutnya adalah seluruh penduduk kota Niniwe berseru dengan keras kepada YHWH serta masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang diakukannya.

Bapa YHWH akhirnya tergugah dengan sikap hati penduduk kota Niniwe sehingga akhirnya membatalkan penghancuran kota Niniwe.

Bertolak belakang dengan peristiwa yang terjadi di kota Niniwe. Tentang Nuh,.dan bahteranya,… Nuh,.. juga dipakai YHWH sebagai alat untuk menyampaikan pesan YHWH pada manusia di jamannya. Pada waktu itu,.. kejahatan manusia sangat parah, sampai YHWH          merancangkan untuk menenggelamkan bumi. Alkitab mencatat, akhirnya bumi direndam dengan air bah berhari-hari, mayoritas manusia menemui ajalnya. Yang berhasil selamat dari air bah hanya 8 orang. Nuh dan keluarganya saja.

Mengapa YHWH hanya menyelamatkan 8 orang,.. dan membinasakan mayoritas umat manusia saat itu. Karena yang benar dihadapan YHWH hanya 8 orang. Sekalipun mereka lebih banyak tetapi YHWH tidak menyayangkannya. Standart YHWH bukan jumlah yang mayoritas, tetapi siapa yang benar, yang taat, yang setia saja.

Peristiwa Sodom dan Gomora,.. beberapa saat sebelum terjadi hujan api dan belerang atas kota itu, Lot dan keluarganya taat ketika diperintahkan YHWH untuk meninggalkan kota itu. Istri Lot hatinya tidak 100 % taat, dan akhirnya menemui kebinasaannya. Yang mati dari penduduk Sodom dan Gomora jauh lebih banyak daripada yang diselamatkanYHWH. Sekali lagi bahwa Bapa YHWH tidak memandang jumlah, tetapi melihat siapa yang mengikuti perintahNya.

Matius 7:21 mengatakan,.. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Yang diselamatkan adalah yang melakukan kehendak Bapa yang di Sorga,… ini penjelasan yang sangat jelas sejelas jelasnya. Mereka yang telah melayani Tuhan dengan luar biasa apa pasti masuk sorga ? Perhatikan Matius 7:22-23 yang berbunyi,..Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Mengapa mereka yang hebat-hebat itu tidak dikenal bahkan ditolak oleh Tuhan Yesus ? Jawabannya gampang, dijawab pada ayat sebelumya. Bahwa hanya yang melakukan kehendak Bapa saja yang diselamatkan, sekalipun jumlah mereka banyak, Bapa tidak melihat jumlah tetapi hanya melihat yang taat saja. Artinya sangat jelas,.. mereka dalam dunia pelayanan boleh jadi luar biasa, pemuridannya dahsyat, khotbah di mana-mana, mujizat demi mujizat terjadi mengagumkan sehingga memukau para jemaat tetapi untuk memanggil nama Bapa yang benar saja tidak mau taat. Sedangkan memanggil nama Bapa yang benar adalah kehendak Bapa.

Bapa yang di Sorga yang dimaksud itu siapa ?

  1. Ada yang berpendapat Bapa yang dimaksud adalah Allah, karena Alkitab terbitan LAI, menyatakan bahwa Allah adalah Nama Tuhan, misalnya dalam,.. Matius 4:4 yang berbunyi,..Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Atau dalam,.. Yesaya 26:4 yang berbunyi,.. Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.
  2. Ada yang berpendapat Bapa adalah Tuhan,.. ini merujuk pada kata sesembahan bukan nama pribadi.
  3. Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud Bapa adalah YHWH Elohim. Karena mangacu pada sejarah Israel dan kamus Alkitab LAI yang menjelaskan kata TUHAN, disamping Alkitab yang berbahasa asli bahwa Yesus Kristus tidak pernah menggunakan Allah sebagai nama pribadi BapaNya, demikian juga murid-murid bahkan orang-orang Kristen mula-mula. Dan penulis setuju dengan pendapat ini. Di mana dasarnya ? Perhatikan item-item dibawah ini :
  • Keluaran 3:15,.. Selanjutnya berfirmanlah Elohim kepada Musa: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: YHWH, Elohim nenek moyangmu, Elohim Abraham, Elohim Ishak dan Elohim Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.
  • Yesaya 43:11,.. Aku, Akulah YHWH dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
  • Yesaya 42:8,.. Aku ini YHWH, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

Mengapa masih banyak orang Kristen yang menganggap bahwa Allahnya orang Islam dan Allahnya orang Kristen sama ?. Kepada mereka haruslah kita berdoa,.. ya Bapa,.. ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan, karena mereka tidak tahu bahwa Allah yang disembah oleh orang muslim sangat berbeda dengan sesembahan orang Kristen yang sebenarnya.

Bedanya di mana ?

  1. Allah orang muslim adalah zat. Apakah Allah orang Kristen adalah Zat ? Bagaimana dengan Yohanes 4:24 yang berbunyi,.. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”
  2. Allah orang muslim memberikan Al Qur’an pada para umat muslim, Tetapi orang Kristen menerima Injil. Kalau Allahnya sama mengapa kitabnya berbeda ? Kalau di Alkitab sang Juruselamat adalah Yesus Kristus, kalau di Al Qur’an di identikkan dengan Isa Almasih. Pertanyaannya apakah sama antara Yesus Kristus dan Isa Almasih ? Banyak orang Kristen yang mengatakan sama,.. terbukti hari raya Kristen tertentu indentitasnya menggunakan nama Isa Almasih. Misalnya: hari kenaikkan Isa Almasih, kematian Isa Almasih dan lain sebagainya. Bahkan ada gereja yang bernama Gereja Isa Almasih. Apakah benar sama antara Isa Almasih dan Yesus Kristus. Perhatikan kata-kata di bawah ini,.. kalau mau menjawab ya jawab saja di dalam hati saudara.
  3. Isa lahir dibawah pohon korma,.. kalau Yesus Kristus ?
  4. Isa tidak disalib tetapi ada yang diserupakan dengan Isa,.. kalau Yesus Kristus ?
  5. Isa anak Maryam saudara Harun dan saudara Musa,.. kalau ibu Yesus Kristus ?
  6. Kelahiran Isa Almasih tidak dinubuatkan dalam Perjanjian Lama,.. kalau kelahiran      Yesus Kristus ? Dan masih banyak lagi perbedaan yang sangat mendasar.
  7. Firman Tuhan dipercayakan kepada bangsa Israel atau bangsa Yahudi, lihat Roma 3:1-2,.. Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat? Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman YHWH. Tetapi Al Qur’an menjelaskan dalam Qs. 13:30 dan Qs. 46:9 mengatakan firman Allah disampaikan kepada orang Arab yaitu Muhammad, sehingga Muhammad disebut Rasulullah atau utusan Allah.

Apa yang terpenting dalam tujuan hidup saudara ? Mau layak di hadapan Bapa dengan menuruti kehendakNya ? Atau,.. mengikuti suara terbanyak, mengikuti aturan organisasi, menuruti kebijakan sinode sekalipun tidak parallel dengan kehendak Bapa. Belajarlah dari peristiwa Nuh, orang Niniwe dan juga Lot.

Ingatlah saatnya akan tiba masing-masing orang akan mempertanggung jawabkan setiap sikap dan perbuatannya dihadapan Tuhan, sendiri sendiri, bukan per kelompok, per gereja, per organisasi, bukan juga per sinode tanpa bisa berkilah apapun, karena Bapa YHWH, melihat jauh ke dalam hati manusia.

Saya mengasihi saudara,.. itu yang mendorong penulis banyak mengetengahkan nama pribadi Bapa yaitu YHWH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: