Page 26

TAHUN 2012,.. SUDAH BERLALU.

Beberapa kalangan menyatakan, kiamat dengan akhir jaman itu sama. Tetapi bagi kalangan Kristen mengatakan beda. Orang mendefinisikan kiamat sebagai hari akhirnya dunia. Digambarkan dengan rusaknya alam semesta ini secara total, terus tidak ada kehidupan lagi.

Namun di dalam kekristenan hanya memfokuskan pada akhir jaman, bukan kiamatnya. Sekalipun kiamat sendiri itu memang ada. Akhir jaman digambarkan sebagai suatu masa yang diwarnai oleh kesusahan dan penderitaan sebelum kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Bingung antara akhir jaman dan kiamat? Baca dan simak pembahasannya… Selamat menikmati dan jangan lupa konfirmasi dengan Alkitab saudara.

Arti Kiamat dan Akhir jaman

114Kiamat menurut kamus diartikan sebagai hari akhirnya dunia, karena pada hari itu terjadi kerusakan dan kebinasaan. Pada hari itu, dunia dan alam semesta akan lenyap. Namun, di sisi lain, ada suatu religi yang mempercayai bahwa kiamat adalah hari kebangkitan sesudah mati. Setelah dunia rusak dan dihancurkan oleh Tuhan, manusia akan dibangkitkan dari kematiannya untuk diadili. Itu definisi kiamat menurut kepercayaan lain.

Nah, kalau dalam kekristenan sendiri, sebenarnya lebih banyak membahas mengenai akhir jaman. Menurut kekristenan, akhir jaman adalah waktu dimana terdapat tanda-tanda yang memberikan peringatan akan kedatangan sang Juruselamat untuk yang kedua kalinya.

111Tanda-tanda kesudahan dunia tersebut antara lain ; banyak penyesat yang mengatas namakan dirinya mesias, kita banyak mendengar kabar tentang perang, bangsa akan bangkit melawan bangsa. Ada kelaparan dan gempa bumi yang sangat hebat. Orang Kristen akan disiksa, dibenci bahkan dibunuh karena Yesus. Banyak orang murtad dan nabi-nabi palsu, dan juga kasih tiap-tiap orang akan menjadi dingin.

Tapi, tanda-tanda yang dijabarkan dalam Matius 24 : 4 – 12 ini, bukanlah kiamat. Yesus mengatakan, “Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya, (Mat 24 : 6).” Yesus juga mengatakan, kalau itu semua adalah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

Jadi, menurut kekristenan, kiamat dengan akhir jaman itu BERBEDA! Terus…kapankah dalam kekristenan itu ada masa yang disebut kiamat?

  Akhir Jaman Dulu, Baru Kiamat!

Kiamat merupakan peritiwa berakhirnya segala sesuatu (entah habisnya 1 hari atau lebih tidak tahu). Setelah kiamat akan berganti masa kekekalan yaitu neraka atau surga. Sedangkan akhir jaman, merupakan periode waktu dari masa Tuhan Yesus datang, sampai dengan kiamat nanti (jadi waktunya akan panjang).

Rentetan sederhananya secara teologia itu seperti ini. Dalam masa akhir jaman (seperti tanda-tanda yang sudah dijabarkan di atas), akan ada masa antikristus. Menurut kepercayaan Kristiani (beberapa gereja), akan ada pengangkatan orang-orang kudus terlebih dahulu sebelum masa ini. Setelah itu akan terjadi Perang Harmagedon yang merupakan tanda berakhirnya masa pemerintahan antikristus selama 7 tahun.

Setelah perang itu, akan terjadi masa kerajaan 1000 tahun yang damai. Setelah kerajaan 1000 tahun akan terjadi perang Gog dan Magog yaitu perang akhir dari segalanya antara Tuhan Yesus dan orang-orang kudusnya melawan orang yang tidak percaya kepada Yesus.

Orang kudus ini yang dimaksudkan adalah orang kudus yang di surga akan turun ke bumi dalam masa 1000 tahun (sejak jaman adam sampai dengan jaman nanti dimulainya kerajaan itu entah kapan), kemudian ditambah dengan orang yang masih tertinggal atau hidup di bumi ini pada waktu itu.

Setelah itu baru kiamat. Jadi, kurun waktu antara perang harmagedon dan kiamat itu masih jauh….Bisa disimpulkan bahwa kiamat itu datangnya setelah perang gog dan magog bukan setelah peristiwa lain. Kalau toh itu betul, nanti akan tiba peristiwa seperti itu. Itulah tanda akan berakhirnya bumi ini. Namanya tanda, bukan berarti itu kiamatnya, kan? Prinsipnya, kiamat itu tepatnya kapan, hanya Tuhan yang tahu….

Sudah jelas kan, kalau dalam kekristenan kiamat akan datang setelah serentetan peristiwa akhir jaman. Seperti kedatangan Yesus kedua kalinya dan setelah perang Harmagedon, ada kerajaan damai 1000 tahun lalu perang gog & magog, baru terjadi kiamat!

Serba-serbi nuansa Akhir Zaman.

Ada Film 2012,.. konon katanya di ilhami oleh kalender dari suku Maya. Ada apa di tahun 2012,..? Tahun itu sudah berlalu, dan tidak terjadi peristiwa seperti yang mereka prediksi. Beberapa waktu yang lampau ketika mama Laurent masih hidup, dia bilang akan ada perubahan mental yang sangat drastis di Indonesia pada tahun itu. Sebanyak 60% penduduk Indonesia akan hilang. Lain lagi ujar paranormal yang menggema, menurut Ki Gendeng Pamungkas, pada tahun tersebut, akan terjadi perubahan yang sangat dasyat. Belum lagi prediksi akan terjadinya badai matahari dan juga penemuan ramalan penghitungan dari suku Maya yang menyatakan kalau penanggalan 2012 itu nggak ada.

Prediksi Kejadian di Tahun 2012 Dari Berbagai Versi

Badai Matahari

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), yang ada di Bandung mengatakan, fenomena badai matahari itu dapat diperkirakan munculnya pada tahun 2011-2012. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an. Badai matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Terus kalau CME itu ledakannya sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

112Nah diperkirakan juga adanya gangguan cuaca matahari ini dapat mempengaruhi kondisi muatan antariksa dan juga magnet bumi. Terus berdampak juga pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia.

Pemerintah sedang memberikan jalan sebagai antisipatif akan badai ini. Paling-paling..nggak bole menyalakan listrik atau sistem transportasi dan komunikasi bakal terganggu pada saat itu. Tapi…bukan berarti itu kiamat, kan. Katanya paranormal sih…bakal ada kegelapan terjadi…Mmmh…bisa juga! Mengapa? Karena, listrik mati, Jadi, isu kiamat 2012 itu bisa dibilang, bukan kiamat, tapi kemungkinan ada badai matahari.

Penanggalan Suku Maya

Di internet saat ini banyak tulisan yang membahas prediksi suku Maya yang pernah hidup di selatan Meksiko tentang kiamat yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012. Kebudayaan kuno ini dikenal karena kemampuannya di ilmu Matematika dan Astronomi. Pada manuskrip peninggalannya, disebutkan bahwa pada tanggal di atas akan muncul gelombang galaksi yang besar, sehingga mengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.

Pengikut aliran sekte kiamat ini percaya, adanya hubungan antara kalender Maya dan matahari yang akan terhubung lurus dengan pusat Tata Surya pertama kalinya semenjak 26000 tahun yang lalu. Ada juga yang mengatakan, saat itu terjadi pembalikan titik magnet bumi, utara menjadi selatan, kemudian matahari terbit dari barat, yang memicu bencana alam diseluruh dunia. Ada juga yang mengatakan bahwa tanggal tersebut adalah tanggal kebangkitan spiritual seluruh dunia.

Menurut Stephen Houston, profesor antropologi di Brown University, sebagai ahli tulisan hieroglif Maya. “Penggambaran bangsa Maya tidak pernah menyebutkan hal ini.” katanya. Nubuat Kiamat Suku Maya, murni berdasarkan kalender yang memang tidak didesain untuk menghitung penanggalan setelah 2012. Itu karena suku Maya mendasarkan perhitungan pada siklus 13 dan 20.

Yang perlu kita ketahui ni, bagi bangsa Maya, waktu merupakan penghubung dengan lingkaran spiritual. Karena bagi mereka, science itu nggak bisa dipisahkan dengan religi, dimana bangsa Maya masih percaya akan pada dewa-dewa. Nah looh, buat kamu yang juga percaya ama bangsa Maya, itu berarti, kamu juga mempercayai dewanya!

Tabrakan Planet & Invansi Makhluk Asing

Mitos yang berkembang mengatakan, tahun 2012 bumi akan dihancurkan oleh tabrakan Planet X atau planet Nibiru, tabrakan meteorit, dihisap lubang hitam, dan dibunuh oleh flare Matahari. Bumi hancur oleh ledakan sinar gamma dari sistem bintang. Datangnya zaman es yang lebih cepat dan pergeseran kutub magnet.

Ada juga yang mempercayai, sesudah tahun 2012 akan muncul manusia aneh seperti indigo (anak yang menunjukkan perilaku lebih dewasa dibandingkan usianya dan memiliki kemampuan intuisi yang sangat tinggi). Kalo itu mah, jangan nunggu sampe 2012, mulai beberapa tahun lalu, anak indigo uda ada. Katanya, anak – anak indigo juga secara langsung dapat memperbaiki peradaban umat manusia di muka bumi.

Rumor lain yang beredar, akan adanya invansi penghuni planet Nibiru yang bakal datang ke bumi untuk memerintah. Pada tahun 1976, sebuah buku kontroversial berjudul The Twelfth Planet atau Planet Kedua belas ditulis oleh Zecharian Sitchin. Sitchin telah menerjemahkan tulisan-tulisan kuno Sumeria yang berbentuk baji (bentuk tulisan yang diketahui paling kuno). Tulisan berumur 6.000 tahun ini mengungkapkan bahwa ras alien yang dikenal sebagai Anunnaki dari planet yang disebut Nibiru, mendarat di Bumi.

Singkat cerita, Anunnaki memodifikasi gen primata di bumi untuk menciptakan homo sapiens sebagai budak mereka. Ketika Anunnaki meninggalkan Bumi, mereka membiarkan kita memerintah Bumi ini, hingga saatnya mereka kembali nanti diperkirakan pada tahun 2012 (berkaitan juga dengan penemuan gambar suku Maya yang terdapat gambar makhluk asing gitu).

Para pengikut sekte kiamat “membuktikan” bahwa Nibiru sedang menuju bumi. Pada tahun 2012, akan memasuki bagian dalam tata surya kita, dan menyebabkan gangguan gravitasi.

Versi Ramalan

Mama Lauren bilang, penerawangannya nggak sanggup untuk melampui tahun antara 2012 – 2013, karena menurut dunia paranormal, itu adalah suatu angka yang bertabrakan. Menurut Ki Gendeng, akan adanya bencana alam seperti : Tsunami di 7 tempat, gunung – gunung merapi akan aktif dan meledak. Mama Laurent juga menambahkan, akan ada perubahan mental yang sangat drastis di Indonesia pada tahun itu. Semuanya menuju ke arah positif. Nggak ada lagi korupsi dan yang jelek-jelek sudah ditinggalkan.

Sebanyak 60% penduduk Indonesia akan hilang. Katanya mama Lauren, yang bisa ngerasain perubahan itu cuman 40% aja dari penduduk Indonesia. Jadi, saat itu merupakan proses penyaringan untuk manusia yang berada di bumi. Yang baik akan terus dapat melanjutkan ke kehidupan berikutnya, tapi yang jahat bakal berakhir sampe disitu.

Versi Biksu Tibet lain lagi. Mereka mengatakan, pada awal tahun 2012 merupakan tahun paling mendebarkan bagi umat manusia di muka Bumi, dimana pada permulaan tahun, beberapa fenomena aneh akan banyak bermunculan. Namun dalam penutupnya, bumi akan terselamatkan oleh sebuah kekuatan besar yang melindungi mereka secara kasat mata, sehingga memungkinkan peradaban manusia tidaklah sepenuhnya musnah.

Tahun 2012 Puncaknya Global Warming

Banyak temuan data yang memprediksikan kalo di tahun 2012 tuh puncaknya global warming/ pemanasan global. Ini jadi isu dunia. So… para pemimpin negara sudah membuat kesepakatan untuk melakukan mitigasi (pencegahan/ penghentian). Secara resmi disebut dengan perubahan iklim (Climate Change). Kesepakatan tertuang dalam kerangka UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change), dan diatur dalam Protocol Kyoto. Tapi ini emang beneran uda ada.

Tau nggak Boomers…gunung es di Kilimanjaro dan kutub tuh banyak yang mencair. Diperkirakan, lapisan es di Arktik akan habis di tahun 2012. Uda kerasa efeknya kan? Suhu udara di perkotaan semakin panas (Surabaya pernah tembus 40 derajat Celcius). Ada juga ilmuwan yang memprediksikan 2012 kutub bumi bertukar posisi.

Yang paling naas tuh diperkirakan nasib pulau-pulau kecil bakal raib. Indonesia yang semula memiliki 17.504 pulau, kini tinggal 17.480 pulau. Sisanya sudah raib ditelan air laut. Bahkan, menurut Prof. Emil Salim, pakar lingkungan hidup. Diperkirakan dalam 30 tahun mendatang, 2.000 pulau Indonesia bakal menyusul hilang dari peta. Hehehe nggak kaget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: